MATRIKULASI MATEMATIKA

       Sekolah Menengah Atas Negeri Baranusa berada di Desa Illu Kecamatan Pantar Barat Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagai salah satu wahana agar dapat mengembangkan potensi diri yaitu dengan mengikuti jenjang pendidikan disuatu negara seperti di Indonesia berlaku tahapan pendidikan yang disebut dalam Undangundang Sistem Pendidikan Indonesia. 

     SMA Negeri Baranusa menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulum K-13 dan juga Kurikulum Merdeka yang mana merupakan kebijakan pemerintah dalam revolusi pendidikan. SMAN Baranusa adalah salah satu sekolah di kabupaten Alor yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka untuk siswa-siswi kelas X pada tahun ajaran 2022/2023. Budaya prestasi di SMA Negeri Baranusa sejak dahulu hingga sekarang masih melekat baik untuk para pendidik maupun peserta didik. Dalam hal prestasi siswa SMA Negeri Baranusa lebih banyak menoreh prestasi baik ditingkat kecamatan, kabupaten bahkan nasional. Mengkondisikan lingkungan fisik ramah literasi di SMA Negeri Baranusa sebagai upaya memberantas ketidakmampuan peserta didik dalam membaca atau menulis kalimat sederhana dalam bahasa apapun, meningkatkan minat baca peserta didik maupun pendidik hingga berdampak pada budaya literasi numerasi masyarakat yang baik. Semua komponen warga sekolah melakukan kolaborasi yang baik dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang baik, seperti kegiatan literasi dan numerasi sebelum memulai pembelajaran dikelas setiap mata pelajaran masing-masing sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh kurikulum. 

       Matematika adalah ilmu hitung yang banyak melibatkan angka-angka. Matematika juga merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa disadari matematika digunakan dalam aktivitas hidup sehari-hari. Misalnya menghitung uang saku setiap hari, simpan pinjam, uang bulanan baik keluarga maupun sebuah instansi meskipun bilangan dan operasinya sangat sederhana. 

   Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan merupakan ilmu terstruktur, sistematis serta analisis sehingga untuk mempelajarinya dan menjadi prasayarat melanjutkan materi adalah konsep-konsep sebelumnya serta matematika juga mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya piker manusia. Melihat hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemahaman siswa terhadap matematika sangat penting dan korelasinya dengan realitas yang ada maka masih banyak peserta didik yang perlu dikembangkan agar tidak terkesan menghindari matematika. 

    Pembelajaran matematika yang menyenangkan bisa diawali dengan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif dan pembelajaran yang berdiferensiasi. Oleh karena itu SMA Negeri Baranusa merancanakan suatu program untuk peserta didik dalam hal mengembangkan kemamouan untuk menyetarakan atau pengenalan umum tambahan agar peserta didik memiliki kompetensi yang sesuai. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah “Matrikulasi Matematika”.

    Kegiatan Matrikulasi ini bertujuan sebagai bahan refleksi agar peserta didik lebih siap mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas lebih khusus terhadap kemampuan menghitung peserta didik. Selain itu dapat memberikan penyegaran materi sehingga para peserta didik mendapatkan pandangan dan pemahaman yang sama. Bentuk kegiatan ini dikemas dengan berbagai jenis dan model , bisa seperti pembelajaran di kelas, namun pelaksanaannya diluar jam belajar mengajar dipagi hari. Materi matrikulasi matematika yang ditentukan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan disekolah SMA Negeri Baranusa, meliputi aljabar, trigonometri, kalkulasi, statistic dan peluang. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Baranusa yang dipandu oleh dua guru mata pelajaran matematika SMA Negeri Baranusa. 

Penulis : Hadijah Ndan P. Toga (Dj) dan Sitti Maryam B. Abdullah (Ym

Komentar